Kecepatan vs Kekuatan

Posted: 14 September 2011 in Belajar

Banyak orang ingin cepat dalam setiap urusannya, inilah tabiat manusia, suka tergesa-gesa, terburu-buru, kesusu, instant dll. Tapi sayangnya, sesuatu yang instan biasanya bagus dalam jangka pendek tapi jelek untuk jangka panjang.

Segala sesuatu yang berbau “cara cepat’, ‘cara instan’ seringkali laku keras. Hal ini menunjukkan karakter sebagian besar orang yang ingin cepat dan instant. Begitupun dalam membangun bisnis jaringan. Banyak orang yang ingin cepat sukses, cepat besar bisnisnya secara instant sehingga kadang melupakan pondasi yang benar. “Cara cepat menjadi sukses dalam bisnis jaringan?” Kalau ada tema seperti ini, pasti peserta akan membludak. Tapi benarkah, ada cara cepat membangun bisnis jaringan? Jawabannya adalah TIDAK! Kalaulah ada orang yang cepat dalam bisnis ini pasti prosesnya tidak instant, karena orang itu sebelumnya sudah berproses di tempat yang lain.

Bisnis Jaringan adalah binis kepemimpinan, dan membentuk karakter pemimpin tidak ada yang instant, butuh proses. Proses dimulai dari perubahan diri, mulai dari cara berfikir bertindak dan bersikap. Skill atau ketrampilan mungkin bisa cepat dikuasai tapi karakter tidak, butuh keseriusan untuk perubahannya. Tidak cukup dalam harian, atau bulanan tapi paling tidak 1-2 tahun minimal. Itulah kenapa  kalau ada orang bisa cepat dibisnis MLM, biasanya karena mereka sudah terbentuk karakter pemimpin dalam dirinya. Bisa saat dia mulai membangun bisnis, atau bisa sebelumnya dikariernya yang lain. Begitu bergabung dengan bisnis ini, dia tinggal menyesuaikan metode, cara berfikir atau cara menjalankan bisnisnya, tapi karkater tetap sama secara umum.

Membangun karakter berarti menonjolkan karakter positif dalam diri dan menghilangkan karakter negatif yang ada. Sukses adalah karakter, begitu pula pecundang juga karakter. Seperti apa karakter sukses? Dan seperti apa karakter pecundang? Andapun pasti sudah mengetahuinya secara umum.

Karakter sukses Karakter pecundang/gagal
  • Rajin
  • Semangat
  • Antusias
  • Pantang menyerah
  • Berani gagal
  • Mau belajar
  • Berpikir Positif
  • dll
  • Malas
  • Gampang menyerah
  • Mudah Menyerah
  • Takut gagal
  • Berpikir Negatif
  • Tidak percaya diri /minder
  • Tidak mau belajar
  • dll

Karakter sukses dan gagal tidak mungkin bersama, dan itu adalah sebuah pilihan. Pilihan yang mempunyai konsekuensi yang berbeda. Karakter-karakter diatas bukanlah sekedar teori tapi sesuatu yang melekat dalam diri dan sudah menyatu.

Membangun  karakter kesuksesan dan meninggalkan karakter kegagalan, berarti membangun karakter yang akhirnya menciptakan citra diri. Membangun karakter berarti memerlukan perencanaan dan program, tidak bisa langsung terjadi begitu saja. Sudahkah anda membuat program untuk membangun karakter diri anda?

Program yang utama dalam membangun karakter diri adalah dengan merubah mindset atau cara pandang, ini membutuhkan pengetahuan yang bisa anda dapatkan dari buku, kaset dan pertemuan-pertemuan pengembangan diri. Belajar dan kemudian melakukan, proses itu akan menghasilkan internalisasi pemahaman yang ujungnya adalah perubahan. Berpikir positif misalnya, bisa anda dapatkan ketika tahu ilmunya, dan kemudian anda mengalaminya dalam proses praktek. Ketika anda mendapatkan penolakan, masihkah anda berpikir positif? Ya, sesuatu yang tidak mudah, dan bukan sekedar teori.

Dengan mudah mungkin anda akan mengatakan sabar… tapi apakah anda akan tetap sabar walaupun banyak penolakan? Atau bahkan rontoknya group anda yang pindah ke MLM lain. Apakah anda akan tetap sabar? Ketika anda tidak lagi sabar dengan kondisi ini, berarti anda gagal dalam berproses membangun karakter sabar dalam diri anda. Betul?

Menariknya, dalam bisnis MLM, pembentukan karakter menjadi sesuatu yang utama. Bahkan menjadi prioritas bisnis. Bukan jualan produknya. Maka dalam perusahaan MLM yang bagus, pasti mempunyai konsep dan program pembentukan karakter diri para membernya. Karena mereka percaya bahwa perusahaan mereka tidak akan mungkin berkembang tanpa didukung oleh sumber daya yang bagus. Maka program pembentukan Leader menjadi agenda utama, selain penyediaan produk yang bagus.

Perusahaan yang bagus akan mempunyai kurikulum dalam setiap training dan pertemuannya, mempunyai alat bantu yang akan mencerdaskan para membernya. Buku, kaset dan pertemuan menjadi wacana penting yang tidak mungkin ditinggal karena itu menjadi soko guru bisnis ini berkembang.

Maka beruntunglah anda para member yang berada di perusahaan yang mempunyai support system yang baik, program sukses anda sudah disupport oleh perusahaan, tinggal anda mau melakukan dan berproses agar terjadi internalisasi pemahaman dan akhirnya terjadi perubahan karakter yang menjadi syarat utama kesuksesan.

Apabila karakter anda sudah terbentuk, maka akan menjadi sangat mudah bagi anda menjalankan bisnis MLM. Dan andapun akan menduplikasikan kepada mitra anda dengan mudah, hasilnya?  terciptalah banyak pemimpin dalam group anda yang akhirnya membuat bisnis anda menjadi kuat dan besar. Suksespun akan datang kepada anda dengan segera. gak percaya? Buktikan!

Selamat membentuk diri, selamat berproses.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s